VISI, MISI DAN
TUJUAN
A. Visi
Visi SD Negeri 1 Kalimanggiswetan , Kecamatan Kalimanggis adalah:
"TERWUJUDNYA SISWA YANG UNGGUL DALAM PRESTASI, BERBUDI PEKERTI LUHUR, MELALUI KEGIATAN LITERASI DIGITAL"
B. Misi
Sebagai upaya mewujudkan visi di atas maka misi SD Negeri 1 Kalimanggiswetan, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan adalah:
1. Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang mampu memotivasi peserta didik untuk selalu belajar dan menemukan pembelajaran.
2. Membentuk generasi yang bertaqwa, mandiri, gotong royong, hormat dan santun kepada orngtua, kekeluargaan dan cinta tanah air.
3. Membangun lingkungan sekolah yang membentuk peserta didik memiliki akhlak mulia melalui rutinitas kegiatan keagamaan dan menerapkan ajaran agama melaui cara berinteraksi di sekolah.
4. Berkarakter, mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam aktualisasi kehidupan.
5. Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses, prestasi merupakan tolak ukur sebuah proses. Prestasi tak hanya berkisar pada kemampuan kognitif dalam ajang prestatif saja namun lebih pada keberhasilan menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat.
6. Inovatif, kemampuan seluruh warga sekolah memaknai keadaan yang dinamis dan selalu berubah dengan berbagai tantangan dan hambatan menjadi sebuah celah dalam mengembangkan diri untuk menemukan solusi yang tepat, bermanfaat dan sesuai dengan keadaan masa kini dan mempersiapkan masa depan.
7. Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan prestasi peserta didik sesuai minat dan bakatnya melalui proses pendampingan dan kerja sama dengan orang tua.
8. Membiasakan dan menumbuhkembangkan kegiatan membaca 15 menit sebelum belajar.
C. Tujuan Sekolah
Tujuan yang diharapkan SD Negeri 1 Kalimanggiswetan dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun kedepan)
a. Mengoptimalkan sarana prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.
b. Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi
c. Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
d. Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
e. Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
f. Merancang pembelajaran yang bangga akan potensidaerah.
g. Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
h. Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
i. Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
j. Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.
2. Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun kedepan)
a. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
b. Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
c. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek.
d. Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
e. Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah.
f. Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.
g. Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan
solusi dalam kehidupannya.
h. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.
3. Tujuan Jangka Panjang (4 tahun kedepan)
a. Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah.
b. Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati.
c. Membentuk peserta didik yang berakhlak mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
d. Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.
e. Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
f. Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah melalui kegiatan literasi digital
g. Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang positif.
h. Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.
REKOMENDASI
KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP)
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KUNINGAN
Setelah memeriksa dokumen Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) SD Negeri 1 Kalimanggiswetan Kecamatan Kalimanggis yang ditetapkan/disahkan oleh :
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Kalimanggiswetan
Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan
Alamat : Dusun Manis Desa Kalimanggiswetan
Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan
Kode Pos 45594
Dengan menggunakan instrumen validasi/telaah Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP), bersama ini :
Nama : Hj. YUYUM RUMSARI, S.Pd.
NIP : 19640917 198410 2 003
Jabatan : Pengawas Pembina SD Kecamatan Kalimanggis
Memberikan pertimbangan/rekomendasi kepada Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) SD Negeri 1 Kalimanggiswetan Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan tersebut :
|
Dapat direkomendasikan tanpa syarat Dapat direkomendasikan dengan syarat untuk perbaikan/penyempurnaan Belum dapat direkomendasikan |
|
|
|
Dengan alasan :
|
Semua unsur Kurikulum Operasional terpenuhi dengan lengkap Unsur Kurikulum Operasional terpenuhi tetapi kurang lengkap Unsur Kurikulum Operasional tidak lengkap |
|
|
|
Demikian pernyataan kami buat sebagai bahan pertimbangan/rekomendasi ditetapkannya Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) SD Negeri 1 Kalimanggiswetan Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan.